Upah 1.187 Guru Kontrak Tak Jelas, Ini yang Disampaikan Sekda TTU | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Upah 1.187 Guru Kontrak Tak Jelas, Ini yang Disampaikan Sekda TTU


UPAH BELUM JELAS. Para tenaga kontrak daerah saat melakukan aksi protes di depan aula Bale Biinmaffo, Kefamenanu saat pembagian surat keterangan kontrak daerah beberapa waktu lalu. (FOTO: Petrus Usboko/Timex)

KABAR FLOBAMORATA

Upah 1.187 Guru Kontrak Tak Jelas, Ini yang Disampaikan Sekda TTU


Nihil Alokasi Anggaran Akibat Pemerintah Rekrut Tanpa Persetujuan DPRD

KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Nasib 1.187 guru berstatus tenaga kontrak daerah di Kabupaten TTU yang direkrut dan diakomodir pemerintah setempat tanpa persetujuan DPRD TTU hingga kini tak kunjung ada kepastian.

Rupanya, kebijakan pemerintah yang menerbitkan Surat Keputusan (SK) bagi 1.187 guru kontrak untuk mengabdi di Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di TTU tersebut diduga kuat bermuatan politis.

BACA JUGA: Miris, 11 Bulan Mengabdi, Pemerintah Belum Bayar Gaji 525 Guru Kontrak

Padahal, para guru itu telah diberikan garansi menjadi tenaga kontrak daerah dengan memberikan SK kepada yang bersangkutan sejak awal September 2019. Nyatanya, hingga kini mereka belum mendapatkan upah.

Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) TTU, Fransiskus Tilis kepada media ini di Kefamenanu, Kamis (28/11) mengakui kalau pemerintah belum memberikan kepastian terhadap 1.187 tenaga guru yang direkrut oleh pemerintah itu.

Menurut Fransiskus, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) TTU telah menerbitkan Surat Keterangan (SK) kontrak daerah kepada 1.187 tenaga guru tersebut yang direncanakan dianggarkan melalui perubahan APBD 2019, namun tidak terlaksana.

“Pemerintah sementara berupaya untuk memperjuangkan nasib para tenaga guru kontrak daerah itu melalui peraturan kepala daerah (Perkada) pengganti Perubahan Anggaran 2019. Apabila kebijakan perkada tidak bisa mengakomodir nasib para tenaga guru kontrak daerah itu maka pemerintah akan mengakomodir melalui APBD induk 2020 mendatang,” pungkas Fransiskus. (mg26)

Facebook Comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top