Jalan Desa Besak Tunmat Dibangun Hotmix, Camat Iokufeu: Masyarakat Sangat Senang | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Jalan Desa Besak Tunmat Dibangun Hotmix, Camat Iokufeu: Masyarakat Sangat Senang


MULUS. Ini ruas jalan di Desa Besak Tunmat, Kecamatan Iokufeu, Malaka yang dibangun dengan konstruksi hotmix. (FOTO: Pisto Bere/Timex)

KABAR FLOBAMORATA

Jalan Desa Besak Tunmat Dibangun Hotmix, Camat Iokufeu: Masyarakat Sangat Senang


BETUN, TIMEXKUPANG.com-Komitmen Bupati Malaka, dr. Stefanus Bria Seran untuk membangun atau meningkatkan infrastruktur jalan di wilayahnya tak perlu diragukan. Janji yang disampaikan awal ketika berjuang untuk memimpin Malaka bahwa akan memprioritas pembangunan infrastruktur jalan dan pertanian, diwujudkan Bupati Stef Bria Seran sejak awal memimpin hingga saat ini. Kabar terkini, jalan desa yang sebelumnya sejak puluhan tahun lalu hanya berupa pengerasan, kini berubah total dengan dibangunnya jalan hotmix sepanjang empat kilometer di Desa Besak Tunmat.

Kepala Dinas PU-PR Kabupaten Malaka, Agustinus Nahak melalui
Kepala Bidang Bina Marga, Lorens Haba kepada media ini di Betun, Jumat (29/11), mengemukakan, ruas jalan Besak Tunmat, Kecamatan Iokufeu, Kabupaten Malaka ssudah rampung dikerjakan dengan dana alokasi umum (DAU) dan menjadi tupoksi bidang Bina Marga Dinas PU-PR Malaka.

Lorens menjelaskan, ruas jalan tersebut dibangun dengan mekanisme kerja sama, dimana tahun ini hanya dibayar Rp 2 miliar dari total anggaran Rp 8 miliar.

Menurut Lorens, upaya meng-hotmix jalan-jalan desa di Malaka merupakan terobosan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malaka yang digagas Bupati dr. Stefanus Bria Seran demi mewujudkan kesejahteraan rakyat di Malaka.

“Upaya Pemkab Malaka membuat jalan hotmix tersebut akhirnya rakyat langsung bisa gunakan walau pemerintah masih mencicil pembayarannya,” kata alumni Teknik Bangunan FKIP Undana ini.

Terpisah Camat Iokufeu Laurensius Seran mengatakan, dengan adanya jalan hotmix ini, masyarakat khususnyanya Desa Tunabesi dan Tunmat, dan beberapa desa lainya merasa senang karena selama ini belum ada jalan aspal di wilayah mereka.

Selama ini, masyarakat mengharapkan jalan hotmix, air bersih dan aliran listrik. “Masyarakat di wikayah kami merasa senang karena selama ini, bahkan sejak Indonesia merdeka, baru kali ini aspal masuk ke desa kami. Meskipun masih ada sebagian harapan kami yang belum terpenuhi, seperti sarana air bersih dan listrik, tapi masyarakat sangat senang karena jalannya sudah mulus,” ungkap Laurensius.

Menyinggung mengenai listrik dan air, menurut Laurensius, di wilayahnya memang sudah terjangkau aliran listrik, hanya masih ada beberapa desa/dusun yang belum mendapat pasokan aliran listrik. “Tapi kami yakin dengan komitmen kuat Pak Bupati dalam membangun Malaka, ke depan harapan-harapan masyarakat pasti akan terwujud,” kata Laurensius optimistis.

Untuk diketahui, selain jalan hotmix di ruas jalan Besak Tunmat yang sudah rampung dikerjakan, ada juga jalan hotmix ruas Sukabi-Kletek di Kecamatan Malaka Tengah yang sedang dalam pengerjaan. Konstruksi jalannya pun sama, yakni hotmix. (mg30)

Facebook Comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top