Tabungan Emas, Instrumen Investasi yang Makin Diminati Masyarakat | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Tabungan Emas, Instrumen Investasi yang Makin Diminati Masyarakat


ILUSTRASI: Emas Batangan. (FOTO: JawaPos.com)

BISNIS

Tabungan Emas, Instrumen Investasi yang Makin Diminati Masyarakat


JAKARTA, TIMEXKUPANG.com-Emas kini semakin diminati masyarakat sebagai sarana pengembangan investasi. Salah satunya dikembangkan PT Pegadaian (Persero) yang mampu mencatatkan peningkatan titipan emas hingga 80 persen sepanjang 10 bulan pertama 2019.

Kepala Departemen Operasi Divisi Produk Emas Pegadaian, Heri Prasongko mengungkapkan, jumlah titipan emas yang dikembangkan perusahaannya sudah mencapai 3,87 ton per Oktober 2019 dari 1,69 ton pada Desember 2018.

“Semakin banyak masyarakat yang mempercayakan titipan emas dalam tabungan emas, jumlahnya meningkat 80 persen dari tahun 2018 lalu,” katanya saat seminar ‘Emas sebagai Penjaga Ketahanan Perekonomian’ di Jakarta, Jumat (29/11).

Ia menyampaikan, capaian saat ini sebenarnya sudah hampir melampaui target 2019. Tabungan emas diproyeksikan sampai 4,2 ton pada 2019 dan per data terbaru sudah lebih dari 4,1 ton. Pegadaian memasang target terbaru penjualan emas sebesar 5,4 ton dan baru tercapai 4,6 ton secara total. Ia harap bisa terlampaui target penjualan tersebut.

Sementara per Oktober, jumlah nasabah tabungan emas naik hingga 115 persen dari 1,6 juta menjadi 3,6 juta. Jumlah rekeningnya meningkat jadi 3,7 juta menjadi 1,7 juta. Jumlah top up meningkat 68 persen dari 1,9 ton menjadi 3,2 ton. Kemudian buyback naik 51 persen dari 0,948 ton menjadi 1,4 ton.

Kepala Divisi Inovasi Produk Keuangan Syariah KNKS (Komite Nasional Keuangan Syariah), Yosita Nur Wirdayanti menegaskan, pentingnya literasi kepada masyarakat terkait investasi emas. Sebab sebagai investor, masyarakat perlu tahu tempat jual beli emas yang aman dan minim risiko. “Sebelum kita berinvestasi emas, kita harus pastikan bahwa literasi kita tentang investasinya cukup,” kata dia.

Dia menjelaskan, bahwa dalam ekonomi syariah, investasi emas lebih digunakan untuk menjaga nilai kekayaan dari pada untuk ditimbun. Emas juga merupakan jenis investasi jangka panjang. (jpg)

Facebook Comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita lainnya BISNIS

To Top