Tiga Putra NTT Lolos Seleksi Hakim MK dari Total 8 Orang | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Tiga Putra NTT Lolos Seleksi Hakim MK dari Total 8 Orang


Dr. Umbu Rauta, Dosen UKSW Salatiga. (FOTO: Istimewa)

NASIONAL

Tiga Putra NTT Lolos Seleksi Hakim MK dari Total 8 Orang


JAKARTA, TIMEXKUPANG.com-Tiga putra asal NTT yang kini berkiprah sebagai akademisi berhasil lolos dalam proses seleksi calon hakim Mahkamah Konstitusi (MK). Ketiganya dinyatakan lolos untuk selanjutnya masuk pada tahap wawancara terbuka dan tes kesehatan. Ketiga putra NTT itu, yakni Dr. Daniel Yusmic Pancastaki Foekh, SH (Dosen Hukum Unika Atma Jaya), Dr. Umbu Rauta (Dosen Hukum UKSW Salatiga), dan Dr. Bernard L. Tanya (Dosen Hukum Universitas Nusa Cendana Kupang). Ketiga putra NTT ini ada dijejeran delapan calon hakim MK yang dinyatakan lolos berdasarkan Keputusan Panitia Seleksi Calon Hakim Konstitusi yang diajukan oleh Presiden Nomor: 06/PANSEL-MK/XII/2019 tanggal 4 Desember 2019, sebagaimana dikutip dari situs Sekretariat Negara, Kamis (5/12).

Dr. Bernard L. Tanya, Dosen Undana Kupang. (FOTO: Dok Timex)

Selain ketiga nama tersebut, lima calon hakim MK lain yang dinyatakan lolos adalah Benediktus Hestu Cipto Handoyo (Dosen), Ida Budhiati (Anggota DKPP), Suparman Marzuki (Dosen/mantan Komisioner KY), Widodo Ekatjahjana (Dirjen Perundang-undangan Kemenkumham), dan Yudi Kristiana (Kepala Kejari Jakarta Timur/mantan jaksa di KPK).

Mereka yang dinyatakan lolos, sudah mengikuti seleksi administrasi dan tes tertulis. Setelah lolos dari tes tersebut, delapan orang diwajibkan mengikuti wawancara terbuka di Aula Gedung 3 Kementerian Sekretariat Negara serta tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto. Tes tersebut digelar pada 11-12 Desember 2019.

Dr. Daniel Yusmic Pancastaki Foekh, SH., Dosen Hukum Unika Atma Jaya Jakarta. (FOTO: Istimewa)

Selain itu, panitia seleksi juga meminta masyarakat untuk memberikan masukan terkait para calon hakim MK tersebut. Informasi dari masyarakat bisa disampaikan langsung ke Sekretariat Panitia Seleksi di Kementerian Sekretariat Negara atau melalui email panselmk2019@Setneg.go.id.

Untuk diketahui, dari tiga nama putra asal NTT ini, dua orang sudah pernah mengikuti proses seleksi periode sebelumnya. Mereka adalah Bernard Tanya dan Umbu Rauta. Bernard bahkan berhasil lolos hingga tiga besar yang disodorkan kepada presiden untuk memutuskan satu nama. Sementara Umbu Rauta gugur pada tahapan fit and proper test di DPR RI. (jpg)

Facebook Comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita lainnya NASIONAL

To Top