Beroperasi 2020, Papan Nama Polres Malaka Terpasang di Gedung Puskesmas Betun | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Beroperasi 2020, Papan Nama Polres Malaka Terpasang di Gedung Puskesmas Betun


SIAP PAKAI. Pemkab Malaka telah menyiapkan gedung lama Puskesmas Betun sebagai kantor sementara Polres Malaka untuk operasional tahun 2020 nanti. (FOTO: Pisto Bere/Timex)

KABAR FLOBAMORATA

Beroperasi 2020, Papan Nama Polres Malaka Terpasang di Gedung Puskesmas Betun


BETUN, TIMEXKUPANG.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malaka bergerak cepat menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk mendukung operasional Kepolisian Resor (Polres) Malaka pada tahun 2020 nanti. Salah satu yang sudah dilakukan adalah mendirikan papan nama Polres Malaka di bekas gedung Puskesmas Betun. Sementara lokasi definitif untuk pembangunan gedung Mapolres Malaka adalah di lokasi Polsek Malaka Tengah saat ini.

Bupati Malaka, dr. Stefanus Bria Seran, MPH kepada media ini di Betun, Rabu (4/12) mengatakan, sesuai regulasi, setiap daerah otonom baru wajib memiliki lembaga lain seperti Polres, Kodim, Kejaksaan, Pengadilan, Lembaga Pemasyarakatan (LP), dan lembaga vertikal lain seperti kementerian agama, dan pertanahan.

Menurut Bupati Stef Bria Seran, untuk kepolisian, sudah ada keputusan pemerintah pusat dalam hal ini Mabes Polri bahwa Polres Malaka sudah harus beroperasi pada 2020 nanti. Guna mendukung operasional lembaga itu, kata Bupati, kebutuhan mendesak sekarang adalah pemerintah menyediakan bagunan untuk Kantor Polres sementara sambil sambil menunggu pemerintah pusat membangun kantor Polres definitif.

Terkait lokasi, Bupati Stef menyebutkan, sudah diputuskan lokasi Polres Malaka nanti di lokasi Polsek Malaka Tengah saat ini, sementara Polsek Malaka Tengah akan dipindahkan ke wilaya Aintasi.

“Kita pilih Aintasi karena akan ada pemekaran kecamatan. Pertimbangan lain karena wilayah Aintasi adalah daerah pariwisata sehingga harus ada Polsek di wilayah tersebut,” jelas Bupati Stef.

Menurut Bupati Stef, semua lokasi untuk calon Polres Malaka termasuk gedung yang disiapkan sebagai kantor sementara sudah ditinjau tim dari Polda NTT maupun Polres Belu.

“Kita pemerintah sudah siapkan (Kantor, Red), mana yang memenuhi syarat akan kita pinjamkan untuk jadikan kantor sementara. Ya…tugas pemerintah daerah adalah membantu sehinga Polres bisa menjalankan tugasnya dengan baik,” kata mantan Kadis Kesehatan Provinsi NTT ini.

Dikatakan, keputusan pemerintah meminjamkan gedung Puskesmas Betun krena karena pelayanan Puskesmas sudah pindah ke gedung yang baru. “Jadi yang kita tawarkan adalah gedung yang dekat dalam kota. Nanti kalau gedung DPRD yang baru sudah selesai, maka Polres Malaka yang di Puskesmas Betun bisa pindah ke gedung DPRD yang lama. Kalaupun nanti disewakan tidak menjadi masalah,” kata dr. Stef.

Bupati Malaka perdana ini juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pemerintah pusat, dalam hal ini Kapolri yang telah berjuang sehingga Polres Malaka sudah bisa beroperasi pada 2020.

“Sekarang kami lagi berdiskusi tentang apa saja yang harus dipersiapkan, selain dari pihak kepolisian sendiri, juga dari pihak pemerintah apa yang harus kami back up. Intinya Polres Malaka bisa beroperasi tahun depan,” ungkap Bupati Stef.

Mery Tahu, salah satu warga Malaka merasa senang karena Polres Malaka bisa beroperasi tahun depan. Mery mengaku, selama ini semua urusan di kepolisian, terpaksa harus ke Kabupaten Belu dengan jarak tempuh yang jauh. “Semoga dengan terbentuknya Polres Malaka ini bisa menyusul instasin lainnya seperti Kodim, Kejaksaan, Pengadilan dan ada LP, sehinga kalau ada urusan dibidang hukum, masyarakat Malaka tidak perlu harus ke kabupaten Belu lagi,” harap Mery yang juga Bidan di Puskesmas Betun itu. (mg30)

Facebook Comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top