Pastikan Kejelasan Upah 1.712 Guru Kontrak, PMKRI Datangi Bupati, Begini Penjelasan Raymundus | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Pastikan Kejelasan Upah 1.712 Guru Kontrak, PMKRI Datangi Bupati, Begini Penjelasan Raymundus


DEMI NASIB GURU. Sejumlah aktivis PMKRI Cabang Kefamenanu saat berdialog dengan Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes bersama jajarannya di aula utama Kantor Bupati TTU, Jumat (6/12). (FOTO; PETRUS USBOKO/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Pastikan Kejelasan Upah 1.712 Guru Kontrak, PMKRI Datangi Bupati, Begini Penjelasan Raymundus


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Para aktivis dari Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Kefamenanu akhirnya berhasil bertemu dengan Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes di aula kantor Bupati TTU, Jumat (6/12). Aktivis PMKRI ini kembali menemui Bupati dengan maksud agar pemerintah daerah segera membayar upah/gaji 1.712 guru tenaga kontrak daerah yang belum menerima haknya sepanjang tahun ini.

Dalam pertemuan itu, selain Bupati, hadir juga Asisten Tata Praja Setda TTU, Josep Kuabib, Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Ferdy Lio, Kepala BKA, Bonefasius Ola Kian, Plt. Kadis PKO, Yosep Mokos, dan Kabag Humas, Richard Erwin Taolin.

Aktivis PMKRI diwakili oleh Komisariat Daerah (Komda) PMKRI Regio Timor, Yohanes Fransiskus Nasihati, Ketua PMKRI Cabang Kefamenanu, Yogi Sara, Sekretaris Jenderal, Sonia Do Carmo Ximenes, serta beberapa anggota lainnya.

Sebagaimana terpantau media ini, Jumat (6/12), kedatangan puluhan aktivis PMKRI Cabang Kefamenanu itu disambut langsung Bupati Raymundus Sau Fernandes bersama pejabat lingkup Pemkab TTU.

BACA JUGA: ‘Duduki’ Kantor Bupati TTU, Aktivis PMKRI Desak Pemerintah Bayar Upah Guru Teko

Dalam dialog bersama Bupati, puluhan aktivis PMKRI Cabang Kefamenanu mempertanyakan alasan Pemkab belum membayar upah 1.712 tenaga guru yang sudah mengabdi selama 12 bulan, namun belum mendapat upah.

Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes kepada TIMEXKUPANG.com, usai pertemuan bersama para aktivis PMKRI menyampaikan apresiasi karena para aktivis memberi perhatian khusus terhadap kesejahteraan para guru kontrak daerah yang upahnya belum dibayar.

Bupati menjelaskan bahwa, perekrutan terhadap 1.712 guru kontrak daerah itu sudah sesuai kebutuhan. Baik itu guru untuk taman kanak-kanan (TK), SD, dan SMP.

“Kami melakukan perekrutan berdasarkan kebutuhan. Kebutuhan guru kita di TTU sebanyak 4.060 orang. Sementara yang ada baru 2.340 orang. Karena itu, pemerintah merekrut lagi 1.720 guru kontrak,” beber Raymundus.

Inilah yang menurut Raymundus menjadi alasan pemerintah merekrut lagi 1.720 guru kontrak untuk mengisi kebutuhan guru yang kurang itu. Hal lain yang membuat pemerintah merekrut guru kontrak ini karena adanya rasa iba pemerintah terhadap nasib guru komite di sekolah yang upahnya tak seberapa itu.

“Keberadaan guru komite di TTU upahnya memprihatinkan. Terkadang mereka hanya dibayar Rp 150 ribu sampai Rp 200 ribu. Bahkan ada yang tidak mendapat upah. Hal-hal seperti inilah yang menjadi dasar bagi pemerintah melakukan pengangkatan terhadap tenaga kontrak itu,” urai Raymundus.

Mengenai solusi pemerintah dalam menyelesaikan persoalan pembayaran upah para guru kontrak itu, Raymundus mengatakan bahwa, pemerintah saat ini sedang menyusun Peraturan Bupati (Perbup) guna mengakomodir 1.187 guru tenaga kontrak daerah yang belum ada anggarannya di APBD 2019. Tapi kalau 525 guru tenaga kontrak, sudah ada pos anggarannya melalui APBD TTU tahun 2019.

Raymundus menyatakan bahwa pemerintah akan segera menyelesaikan pembayaran terhadap 1.712 guru tenaga kontrak daerah itu dalam akhir tahun ini sehingga nasib para guru tidak lagi menjadi persoalan yang terus diperbincangkan.

“Pemerintah sementara menyusun Perbup yang bisa menjabarkan perubahan terhadap penjabaran APBD 2019. Oleh karena itu, diperkirakan dalam waktu satu minggu ke depan, semua pembahasan selesai sehingga pekan depan upah para guru kontrak sudah bisa dibayarkan,” janji Raymundus. (mg26)

Facebook Comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top